Nafas Bau

Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim, tapi disaat kita berpuasa kita tidak bisa mencegah datangnya bau mulut, kita sering merasa tidak nyaman dengan bau mulut kita, apalagi kalau kita harus bekerja dilingkungan yang sering berinteraksi dengan banyak orang, bau mulut akan timbul dikarenakan dalam keadaan rongga mulut kita terasa kering dan bisa juga ditimbulkan dari makan dan minuman.

Tetapi bau mulut juga disebabkan karena penyakit misalnya sariawan, liver, atau penyakit lambung yang sudah kronis, namun kita tidak perlu terlalu merisaukan hal tersebut, ada beberapa cara yang dilakukan agar kita tetap tampil percaya diri meskipun kita sedang menjalankan ibadah puasa.

Beikut ini cara menghilangkan bau mulut & menjaga kesehatan mulut Saat Berpuasa:

  • Tetap menjaga kesehatan gigi dan mulut

Setelah makan sahur kita gosok gigi kita sampai benar-benar tidak ada sisa makanan yang tertinggal dimulut, dan kita juga bisa menggunakan obat kumur yang ber alkohol rendah agar tetap aman untuk mulut kita, dan kita bisa menggunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan di sela gigi kita.

  • Periksa ke dokter gigi

Kita bisa cek ke dokter gigi untuk membersihkan kotoran dan kuman yang menempel pada gigi kita, dan kita bisa juga melakukan spa gigi untuk mencegah bau mulut yang berlebihan.

  • Jangan merokok

Merokok dapat memicu terjadinya radang pada mulut kita, rokok dan alkohol juga mengurangi produksi air liur pada mulut dan mengakibatkan mulut kita menjadi kering dan bau.

  • Konsumsi buah

Saat sahur anda bisa memperbanyak mengkonsumsi buah yang mengandung banyak air untuk menyimpan cadangan air dimulut kita, misalnya apel, pear, bengkuang dan wortel.

  • Mengkonsumsi teh hijau

Konsumsi teh hijau setelah makan sahur ataupun berbuka puasa sangat efektif untuk mencegah bau mulut saat berpuasa, karena kandungan zat didalam teh hijau dapat membunuh kuman yang menyebabkan bau mulut.

  • Memperbanya makan keju

Mengkonsumsi keju juga dapat mengcegah bau mulut, karena keju mengandung banyak kalsium yang dapat mencegah timbulnya karang gigi, yang menyebabkan bau mulut.

  • Air putih

Mengkonsumsi air putih sebanyak-banyaknya setelah sahur dan berbuka puasa juga dapat menghindari bau mulut, karena dengan adanya keseimbangan dalam mulut kita dan dapat memproduksi air liur agar mulut kita tidak kering.

  • Yoghurt

Mmengkonsumsi yoghurt sangat baik untuk pencernaan lambung kita, dan dapat menstabilkan  pencernaan kita agar bau mulut kita tetap terjaga

Nah sekarang kita sudah tahu ada 8 cara menjaga kesehatan mulut saat berpuasa, kita jadi bisa berpuasa dengan nyaman dan aman meskipun kita sedang nerinteraksi dengan orang, selamat berpuasa.

LEAVE A REPLY