Foto Ibu Hamil

Masa kehamilan merupakan masa yang bahagia dan di tunggu-tunggu oleh wanita, pada masa ini wanita mengalami banyak fase perubahan mulai dari bentuk badan yang berubah sampai status yang berubah menjadi ibu.

Pada masa kehamilan juga terdapat banyak sekali kejadian atau moment yang tidak biasa terjadi pada wanita yang tidak hamil seperti merasakan ngidam, tidak boleh tidur dalam posisi tengkurap, sampai merasakan sakitnya kaki menjadi bengkak.

Sebagian besar wanita hamil pasti pernah merasakan kaki bengkak pada saat masa kehamilan, terjadinya kaki bengkak ini bisa disebabkan karena adanya penumpukan cairan berlebih pada kaki ibu. Manfaat buah-buahan asam folat juga sangat bagus untuk mendukung kesehatan bagi ibu hamil.

Hormon kehamilan yang dihasilkan ibu pada saat hamil membuat tubuh menahan serta mengumpulkan cairan lebih banyak dan bisa juga karena setelah melakukan aktivitas sehari-hari.

Untuk itu berikut cara mudah mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil :

  1. Usahakan ibu hamil tidak terlalu lama berdiri

Pada saat ibu hamil berdiri jantung akan dengan mudah memompa darah ke bawah yaitu kaki, tapi akan sulit menarik darah ke jantung kembali karena pembuluh darah balik terhalang oleh bayi sang ibu

  1. Jangan memakai sepatu atau sandal yang mengikat kaki

Sebaiknya ibu hamil menggunakan sandal jepit agar tidak memperparah kaki yang bengkak

  1. Duduk dengan posisi kaki di atas dan tidur dengan posisi kaki yang lebih tinggi

Hal ini akan memepermudah jalannya sirkulasi darah sehingga tidah terfokus pada kaki

  1. Tidur dengan posisi miring kesebelah kiri

Posisi ini dapat membantu pembuluh darah balik terbebas dari tekanan sehingga aliran darah dapat kembali ke jantung dengan mudah

  1. Lakukan olahraga gerakan kaki

Lakukan gerakan memutar pada pergelangan kaki, hal ini dapat mengempeskan kaki yang bengkak

  1. Atur pola makan

Usahakan menghindari makanan yang mengandung banyak garam, perbanyak minum air putih, dan makan buah-buahan.

Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY