Wisata Gunung Bromo Jawa Timur

Jawa Timur selalu menyajikan tempat wisata yang penuh pesona. Mulai Pantai, Kota sejarah, Budaya, Taman kota, Gunung dan masih banyak yang lain untuk kita kunjungi. Jawa Timur mempunyai gunung yang penuh eksotis dan sangat terkenal sampai ke Manca Negara. Adalah Gunung Bromo atau lebih dikenal dengan sebutan Bromo Tengger Semeru. Gunung Bromo menjadi satu kawasan dengan Gunung Semeru atau Mahameru dan juga menjadi tempat Suku Tengger atau suku asli pegunungan Bromo.

Gunung Bromo mempunyai banyak destinasi yang tak akan bosan kita kunjungi seperti Kawah Gunung Bromo, Bukit Telebatis, Lautan Pasir, Pasir Berbisik, B29, B30, Penanjakan Bromo, Air Terjun Madakaripura. Tak hanya itu, kita juga bisa mengenal lebih dekat kehidupan Suku Tengger, suku asli yang mendiami wilayah sekitar Pegunungan Bromo.

Pekerjaan utama Suku Tengger adalah bertani sayur-sayuran, perkebunan ini juga dapat kita kunjungi sebagai objek wisata pedesaan.

Dengan banyaknya destinasi wisata yang ada disekitar Pegunungan Bromo, kami memberikan panduan wisata Bromo. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat akan berwisata ke Gunung Bromo, yakni :

  1. Tentukan lama wisata ke Bromo
  2. Tentukan waktu keberangkatan wisata ke Bromo. Point 1 dan 2 akan menentukan banyak destinasi wisata Bromo yang dapat kita kunjungi.
  3. Tentukan rute keberangkatan wisata Bromo. Untuk menuju wisata Bromo ada tiga jalur yang dapat ditempuh, yakni jalur Proobolinggo atau sering disebut via Tongas, Jalur Purwodadi atau sering disebut jalur Nongko Jajar dan yang terakhir adalah via Lumajang yang akan melewati destinasi B29 terlebih dahulu sebelum sampai di Bromo.
  4. Jika merencanakan bermalam di penginapan sekitar wisata Bromo sebaiknya mencari informasi harga penginapan yang murah tentunya via internet.
  5. Untuk yang menggunakan kendaraan roda 4 (mobil) sebaiknya juga mencari informasi penyewaan mobil 4×4 atau biasa disebut Jeep/Hardtop karena saat ini kendaraan roda 4 (mobil) sudah tidak diizinkan masuk wilayah perbukitan Gunung Bromo.
  6. Jika minim informasi wisata Bromo sebaiknya menggunakan jasa Guide untuk memudahkan dalam berwisata di Bromo.
  7. Jangan lupa untuk membawa Jaket hangat, sarung tangan, kaos kaki juga topi hangat.
  8. Bawalah kaca mata, masker dan sunscreen karena cuaca saat siang di Bromo cukup panas dan berdebu.
  9. Jika mempunyai termos (penyimpanan air panas) sebaiknya dibawa untuk menyimpan minuman hangat seperti teh atau kopi.

Jangan lupa berdoa dan berhati-hati ditiap perjalanan. Berwisata dengan perencanaan yang baik akan sangat menyenangkan yang tentunya sesuai sasaran dan efektifitas waktu. Selamat berwisata kawan.

LEAVE A REPLY