Bau Mulut Nafas Bau

Bulan Ramadhan adalah bulan yang santa ditunggu oleh umat Islam di seluruh dunia. Puasa Ramadhan adalah kewajiban ummat muslim untuk berpuasa, sebagai wujud kepatuhan terhadap perintah Allah SWT. Saat kita perpuasa maka ada potensi besar muncul dan timbulnya bau yang tidak sedap pada mulut kita.

Berpuasa dan munculnya bau mulut berkaitan erat dan kebanyakan disebabkan oleh keringnya mulut selama berpuasa. Tanpa makanan dan air, kelenjar ludah tidak memproduksi air liur dalam jumlah cukup yang dapat menjaga nafas tetap segar. Bau mulut adalah hal yang sebenarnya normal bagi seseorang yang berpuasa.

Penyebab Timbulnya Bau Mulut Saat Puasa

  1. Didalam mulut terdapat banyak bakteri yang dapat mengubah sisa-sisa makanan menjadi gas sulfur yang menyebabkan bau mulut.
  2. Ketika tidak berpuasa, maka mulut akan memproduksi saliva, ketika berpuasa maka produksi saliva akan berkurang, akibatnya bakteri berkembang biak dengan cepat, sehingga akan muncul bau tidak sedap dimulut.
  3. Penyebab bau mulut lainnya juga bisa terjadi karena datang dari dalam tubuh, seperti yang mengalami penyakit diabetes dan sakit lambung atu Maag maka ada potensi besar juga timbulnya bau mulut.

Tips Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

  1. Pada saat sahur usahakan untuk minum air 2 – 3 gelas. Minum banyak air dapat menghindarkan bau mulut selama berpuasa yang disebabkan oleh keringnya mulut. Minum banyak air juga akan menjaga tubuh tetap segar dan menghindarkan dehidrasi.
  2. Menggosok gigi dan menggosok lidah, juga dapat mengurangi bau mulut saat puasa. Hal ini bertujuan untuk membersihkan mulut dari partikel makanan yang membusuk dan menyebabkan bau tidak sedap, sikat gigi juga bisa dilakukannya saat berpuasa, asal tidak ada yang tertelan.
  3. Meminum teh hijau tanpa gula saat sahur dan berbuka akan mencegah bau mulut. teh hijau memiliki zat polyphenol yang berguna untuk membersihkan bakteri pada mulut dan saluran pernafasan.
  4. Kurangi merokok atau jangan sekali kali merokok saat sahur dan berbuka. Tidak merokok juga berkonstribusi besar pada pengurangan bau mulut pada siang hari bulan puasa.
  5. Janganlah mengkonsumsi makanan yang lengket seperti Coklat, Es Krim, Biskuit, dan Kue Basah lainnya. Makanan lengket ini akan lebih sulit untuk dibersihkan, ditambah akan menempel pada gigi dalam waktu lama sehingga menyebabkan bau mulut.
  6. Gunakan obat kumur (Mouthwash) untuk mebersihkan disela sela mulut dan juga mulut akan menjadi Fresh.
  7. Hindari makanan berbau kurang sedap atau berbau menyengat seperti Petai, Jengkol atau Durian dll.

Meski sedang dalam keadaaan melakukan ibadah suci, bukan berarti kita bisa mengabaikan kebersihan tubuh begitu saja, termasuk di antaranya kebersihan mulut. Salah satu bukti bahwa kebersihan mulut harus tetap dijaga saat berpuasa adalah; Nabi Muhammad SAW telah mencontohkan penggunaan siwak secara rutin saat berpuasa.

Semoga memberi manfaat bagi pembaca.

LEAVE A REPLY