Wisata Gunung Bromo
Wisata Gunung Bromo

“Pasuruan The Land Of Paradise-Pasuruan City Of Mountain”

Keberadaan Kabupaten Pasuruan yang berdekatan dengan ibu kota Provinsi, serta potensi yang ada menjadikan wilayah Kabupaten Pasuruan sebagai salah satu wilayah pengembangan industri pariwisata, bisnis dan perdagangan. Kabupaten Pasuruan mempunyai luas wilayah 1.474.015km, terdiri atas 24 kecamatan, 24 kelurahan, 341 desa dan 1.465 dusun.

Potensi sektor pariwisata di Kabupaten Pasuruan merupakan salah satu sektor unggulan, hal ini dikarenakan Kabupaten Pasuruan memiliki obyek wisata yang banyak dan lengkap. Daya tarik wisata tersebut meliputi wisata alam, wisata budaya dan wisata buatan. Selain tersedianya obyek wisata tersebut, ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai dan mendukung sektor ini, antara lain tersedia jaringan jalan menuju obyek wisata, hotel, rumah makan dan toko cinderamata. Hal ini merupakan daya tarik yang sangat kuat bagi wisatawan nusantara dan mancanegara untuk berkunjung ke Kabupaten Pasuruan. Agar keberadaan daya tarik wisata di Kabupaten Pasuruan tetap memberikan kesan terhadap wisatawan, hendaknya masyarakat dan pelaku wisata diharapkan mampu mewujudkan sapta pesona dalam kehidupan sehari-hari.

Kabupaten Pasuruan dengan ikon “City Of Mountain and Pasuruan The Land Of Paradise” ini merupakan salah satu destinasi wisata Jawa Timur yang sangat menarik. The paradise of tourist attraction and culture. Kabupaten Pasuruan memiliki keanekaragaman budaya yang tersebar di berbagai wilayah yang sampai sekarang masih dilestarikan. Kekayaan dan sapta pesona yang indah ini perlu dikunjungi oleh Wisatawan Nusantara dan Mancanegara.

Bromo Spektakuler

Happy weekend, salam bermaslahat Tourism of Pasuruan Regency. Pemandangan matahari terbit merupakan salah satu daya tarik utama dari Gunung Bromo, pemandangan tersebut hanya dapat dilihat dari puncak penanjakan Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan dan merupakan view sunrise terindah di muka bumi setelah Gunung Fuji Jepang. Selain itu terkenal dengan obyek wisata yang lain yaitu Bukit Cinta, Padang Savana dan Goa Widodaren. Tersedia kendaraan jeep hard top yang bisa disewa bagi mereka yang ingin pergi di Kaldera Bromo dan ingin berkeliling ke lautan pasir. Disana juga tersedia penginapan dan makanan khas suku Tengger, adapun kegiatan masyarakat suku Tengger yang masih memegang nilai-nilai budaya luhur serta sangat menarik untuk dikunjungi diantaranya adalah Yadnya Kasada dan hari raya Karo (Sodoran).

Taman Safari Indonesia II

Taman safari merupakan obyek wisata nasional yang merupakan Lembaga Konservasi Ex-situ dan Pusat penangkalan satwa langka yang mempunyai fungsi konservasi, penelitian dan rekreasi. Terletak di kaki Gunung Arjuno dengan ketinggian 800-1500 dan koleksi binatang liar dari 150 negara. Mudah dijangkau hanya 1jam dari kota Pasuruan dan Surabaya. Area 140ha terdiri atas 3 kawasan, yaitu. American dan European Zone, Asian Zone dan African Zone. Pengunjung dapat menyaksikan atraksi satwa yang menarik diantaranya: Dolphin island acrobatic, Elephant Presentation, Wildlife Presentation bird of prey show tiger and lion kingdom, water wold and stuntman show with hollywood and the temple of terror.

Fasilitas permainan dapat dinikmati bersama keluarga seperti Roller Coaster, bom-bom boat, rumah hantu, Safari swinger, dll. Disana juga tersedia cinderamata bagi pengunjung yang ingin membawa oleh-oleh.

The Taman Dayu Golf

The Taman Dayu merupakan obyek wisata yang bertaraf internasional dan mempunyai keunikan daya tarik yang tinggi bagi wistawan terutama bagi golfer pecinta tantangan. Program yang ditawarkan antara lain. Academy Teaching Method, Lesson package, and half day package include. Selain untuk olahraga Golf, juga tersedia fasilitas untuk rekreasi dan hiburan seperti Spa, splash waterpark, the pavilion, the residence, pines mountain and forrest adventure, food veranda and food terrace. Lokasi ini terletak di kaki Gunung Welirang Pandaan, dan dapat dicapai 45 menit dari Surabaya dan Malang.

Kakek Bodo Waterfall

Air terjun kakek bodo mempunyai tinggi 40m yang dikelilingi hutan pinus akasia. Fasilitas yang tersedia yaitu taman rekreasi untuk anak-anak dengan berbagai macam alat permainan, area camping ground. Tidak jauh dari tempat wisata tersebut terdapat penginapan homestay yang menyediakan berbagai macam bunga hias dan buah-buahan yang dapat dijadikan oleh-oleh bagi pengunjung. Informasi lengkap Wana Wisata Kakek bodo, telp (0343) 884670.

The Kaliandra Sejati

Sebuah pusat pendidikan dan budaya jawa, serta lingkungan rekreasi yang mendukung konservasi melalui program pengembangan lingkungan. Kaliandra merupakan tempat yang ideal untuk beristirahat setelah beraktivitas, liburan yang santai, konferensi dan pertemuan. Wisata ini berada di kaki Gunung Arjuno, dan didirikan pada tanggal 21 April 1998.

Program-program yang tersedia adalah team work, leadership training, nature interactive study, community program, cultural atraction juga menyediakan akomodasi rumah tradisional, restaurant, souvenir shop.

Skilot (Selancar Lumpur)

Atraksi ini merupakan olahraga tradisional masyarakat nelayan pantai Lekok yang dikenal dengan nama Skilot (Ski diatas lumpur). Atraksi ini digelar setiap tahun pada hari lebaran ketupat. Arena atraksi ini berupa arena lumpur dari bekas tambak yang dikeringkan airnya. Wisata ini sangat menarik dan harus dicoba oleh pengunjung yang berkunjung ke wisata Pasuruan.

Danau Ranu Grati

Ranu Grati merupakan destinasi sebuah danau alam yang terletak di kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan dengan luas 1085ha. Fasilitas yang dapat dinikmati oleh para wisatawan perahu boat, sepeda air, dan pemancingan. Untuk pengunjung tersedia rumah makan apung dengan menu khas sate ikan pati.

Air terjun Coban Baung

Wisata ini terletak di sebelah timur atau di belakang kebun raya Purwodadi, di dalam kawasan hutan wisata dengan ketinggian air terjun 100 meter, berudara sejuk dan dikelilingi aneka pohon-pohon rindang menambah suasana yang nyaman dan tentram. Di kawasan Taman Wisata alam Gunung Baung ini selain menikmati keindahan air terjun dan camping ground. Pengunjung juga bisa melakukan kegiatan lain diantaranya: jungle survival, river boatding, rock climbing, slooping, air soft gun, dll.

Candi Belahan

Candi Belahan ini terletak di Desa Wonosunyo, Kecamatan Gempol-Pasuruan Candi yang posisinya berada di lereng Gunung Penanggungan ini merupakan candi petirtaan tempat pertapaan Prabu Airlangga beserta kedua istrinya setelah turun dari tahta diwujudkan sebagai Dewa Wisnu naik Garuda. Pada patung Dewa Wisnu digambarkan bertangan empat, tangan kiri belakang memegang sangka, tangan kanan belakang memegang cakra dan dua tangan depan bersifat mudra. Keunikan pada candi ini adalah terdapatnya sumber mata air yang keluar dari tetek atau payudara dari Dewi Laksmi dan Dewi Sri yang merupakan lambang amarta. Yaitu dapat memberi kekuatan, penyembuhan dan khasiat awet muda bagi yang meminum airnya.

Candi Jawi

Candi Jawi yang terletak di tepi jalan yang menghubungkan Pandaan=Prigen merupakan sebuah situs purbakala dari zaman Singosari. Candi jawi merupakan candi yang berfungsi sebagai tempat pendarmaan. Candi ini dibangun pada abad 13. Candi ini merupakan percampuran Hindhu-Budha, arsitektur Budha tampak dari puncak candi yang berbentuk seperti Stupa. Bagi wisatwan yang ingin berkunjung ke Tretes, candi Jawi merupakan tempat persinggahan yang pas sebelum melanjutkan perjalanan khususnya saat bulan purnama pada tanggal 15 bulan jawa terdapat pagelaran seni dan budaya di pelataran Candi Jawi.

Agro wisata Bukit Alam dan Bukit Flora

Agrowisata bukit alam ini berada di daerah Nongkojajar Pasuruan, tepatnya di desa Ngembal, Kecamatan Tutur. Wisatawan dapat menikmati sensasi buah-buahan tropis, disana jga terkenal dengan agrowisata petik apel dan bunga krisan.

Bukit Flora merupakan salah satu agro yang terletak di desa Tutur, 3km dari Nongkojajar. Wisata ini memiliki suasana yang dingin dan nyaman untuk dikunjungi. Di bukit Flora juga terdapat beraneka ragam tanaman seperti anggrek, krisan dan cara penanamannya. Bagi wisatawan yang ingin menginap, disana juga disediakan Vila dengan 4 kamar dan bisa menampung 100 orang. Berkunjung kesana selain untuk rekreasi juga bisa dijadikan ajang edukasi untuk anak-anak mengenal berbagai jenis tumbuhan.

Keberadaan Pasuruan yang kaya akan wisata alam dan wisata buatan ini menjadikan potensi Kabupaten Pasuruan menjadi daya tarik wisatawan dari berbagai kota untuk menjelajahi budaya dan aneka pangan, serta wisatanya. Pasuruan City Of Mountain and The Land Of Paradise yang artinya Pasuruan yang kaya akan gunung dan surga dunia yang sangat istimewa.

LEAVE A REPLY