Sakit Maag

Tips Mencegah Dan Cara Mengatasi Penyakit Maag Saat Puasa.

Banyak orang bertanya bagaimana cara mencegah dan mengatasi penyakit maag saat berpuasa di bulan Ramadhan atau puasa sunnah lainnya, ada banyak sekali tips untuk mengatasi hal tersebut, diantaranya sebagai berikut:

Wajib Sahur: Untuk mencegah lambung dalam keadaan kosong, penderita maag yang berpuasa harus makan sahur. Makan sahur berguna untuk mempertahankan tingkat keasaman lambung dalam batas normal. Untuk yang mengonsumsi obat maag, jangan lupa untuk meminumnya ketika makan sahur.

Usahakan Jangan Tidur Setelah Sahur: Tidur setelah makan akan membuat sekresi asam lambung dan gerak peristaltik pankreas meningkat. Hal ini akan membuat pencernaan berjalan lebih lambat sehingga Anda akan merasa lapar ketika bangun.

Makan Secukupnya: Hal ini bermaksud agar dinding lambung berkontraksi dengan rileks, dan menghindari peregangan dinding lambung yang berlebihan.

Hindari Stress: Stress dapat memacu metabolisme sehingga meningkatkan asam lambung yang menyebabkan kerusakan dinding lambung. Ketika puasa, hindari stress dengan banyak beribadah.

Segera Berbuka Puas: Ketika datang saat berbuka, penderita maag yang puasa harus segera membatalkan puasanya. Santap minuman hangat dan manis, kemudian makan makanan ringan yang manis seperti kurma. Makanan yang manis akan mudah diserap tubuh sehingga tidak membuat asam lambung naik.

Minum Obat Maag Teratur: Ketika puasa jadwal minum obat juga ikut berubah. Minumlah obat saat sahur, berbuka dan sebelum tidur. Sebaiknya konsumsilah obat maag yang tidak mengganggu fungsi ginjal.


Disisi lain ada beberapa hal yang juga harus diperhatikan bagi penderita sakit maag, yaitu menghindari beberapa makanan dan minuman saat berpuasa, diantaranya sebagai berikut:


Buah dan Sayur Yang Menghasilkan Gas: Beberapa buah dan sayur dapat menghasilkan gas setelah dikonsumsi. Penderita maag sebaiknya menghindari makanan jenis ini, misalnya sawi, kol/kubis, kacang-kacangan, juga buah seperti nangka, pisang ambon, kedondong dan berbagai jenis buah yang dikeringkan.

Minuman Bersoda: Minuman jenis ini jelas akan menghasilkan banyak gas yang menyebabkan rasa penuh di perut. Hindari mengonsumsi minuman bersoda, termasuk minuman beralkohol.

Makanan Pedas: Makanan pedas memang nikmat, tetapi sering makan pedas (apalagi dengan jumlah cabai yang gila-gilaan) dapat melukai lambung. Selain itu, makanan pedas selain sambal bisa memberi efek yang sama, misalnya saja merica.

Makanan Asam Atau Pencetus Asam Lambung: Beberapa makanan dapat membuat lambung mengeluarkan asam lebih banyak, hal ini bisa menyebabkan penderita maag mengalami nyeri dan kambuh. Karena itu hindari makanan atau buah yang bersifat asam beserta jusnya, cuka, juga kopi dan susu full cream.

Beberapa Jenis Karbohidrat: Sebagian makanan yang mengandung karbohidrat juga tidak baik untuk lambung penderita maag. Sebisa mungkin hindari mengonsumsi ketan, mie, bihun, pasta, jagung, ubi, singkong dan talas.

Makanan Yang Sulit Dicerna: Ada jenis makanan yang sulit dicerna oleh lambung, sehingga konsumsi yang berlebih dapat membuat kerja lambung makin berat. Beberapa makanan yang sulit dicerna itu antara lain makanan dengan kadar lemak tinggi, cake dengan krim, cokelat dan keju.

Itulah tips menjalankan puasa bagi penderita maag, Semoga bermanfaat bagi pembaca dan semoga di beri kesembuhan bagi para penderita oleh Allah Subhanhu wa Ta’ala. (Fajar Berbagai Narasumber).

LEAVE A REPLY